Posted by : Unknown Sunday 23 November 2014

Selamat Datang




23 november 2014

Tutorial Merekam Kualitas Bagus bersama NUENDO 3 Setup Input & Output Busses

“All about Nuendo” dengan pembahasan Setting up input & output busses. Namun sebelum pembahasan lebih dalam, apakah kalian sudah membuat home recording system (konsep rekaman rumah) dengan menggunakan komputer kalian ?
Koneksi Hardware
Didalam home recording system tidak melulu kita menggunakan sound sampling ataupun looping dari software tambahan. Meski secara kasat mata dikerjakan oleh proses komputer, kita masih bisa menambahkan suara asli instrumen maupun vocal. Sekali lagi, musik digital bukanlah musik yang sarat akan suara-suara sampling (DJ, musik tekno, dll) meskipun bisa digunakan untuk memproduksi musik tersebut, kesimpulannya …
Musik digital adalah musik yang dikerjakan secara digital.
Untuk bisa melakukan take audio yang bersumber dari microphone, guitar electric, bass, atau yang lainnya, kita mesti memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
Komputer dengan spesifikasi standart yang disarankan.
Converter atau Sound card AD/DA
Speaker / headphone
Instrumen musik (microphone, guitar, bass, biola, dll)
Hal baru yang perlu diketahui adalah penggunaan soundcard AD/DA. Jika koneksi instrumen musik langsung menuju pada komputer, maka yang terjadi adalah latency (keterlambatan suara), hal ini dikarenakan kapasitas virtual memory untuk sound didalam komputer tidak memadai, sehingga dibutuhkan (upgrade) memory tambahan khusus untuk sound multimedia, atau yang dikenal dengan soundcard AD/DA, dalam dunia musik digital disebut converter. Di pasaran, converter mempunyai 2 macam jenis, yaitu eksternal dan internal, pembahasan mendalam mengenai converter akan dibahas di lain kesempatan.
Di dalam Soundcard AD/DA mempunyai beberapa channel, yakni input dan output. Dimana jumlah masing-masing satuan berbeda pada setiap jenis produk converter, tergantung dari kualitas dan harga. Input mempunyai peranan menerima signal audio dari instrumen analog yang kemudian di-convert menjadi data digital yang dikemudian dikirim pada komputer. Sedangkan output berfungsi untuk merubah data digital dari komputer menjadi signal audio.
Input pada soundcard AD/DA mempunyai beberapa jenis cable port (Cable ¼, Axial cable, dll) yang mudah dikoneksikan dengan instrumen analog seperti microphone maupun guitar, begitu pula dengan cable port pada output. Sedangkan bentuk koneksi dari soundcard AD/DA ke komputer mempunyai ragam sendiri, yaitu via USB atau teknologi yang terbaru firewire.
Koneksi Software
Setelah melakukan koneksi hardware, ada beberapa tahapan lagi yang mesti dilalui sebelum dilakukannya take audio, yaitu men-setting bus input dan output dalam nuendo. Bagaimana dan seperti apa caranya ? berikut kita bahas tentang hal tersebut.
Ketika kamu ingin merekam didalam program nuendo, signal dari input soundcard AD/DA akan diteruskan pada input bus didalam nuendo. Dari input bus signal akan ditulis kedalam bentuk audio file dalam hard disk dan dikirim ke channel track pada mixer untuk me-monitoring.
Kamu juga dapat menambahkan input bus sebanyak yang kamu inginkan, dalam contoh berikut kita hanya menggunakan stereo input bus :
  1. Pada Device menu pilih VST Connections.
  2. Klik pada pilihan input.
  3. Setelah itu klik tombol “+” atau pilih pada menu add bus bila kamu ingin membuat lebih dari satu input bus.
  4. Klik pada kolom device port yang terletak disebelah kiri channel.
  5. Tentukan input yang kamu inginkan pada channel sebelah kiri dalam stereo bus.
  6. Kemudian pilih input pada channel sebelah kanan dengan cara yang sama.
  7. Klik tab output dan setup stereo output bus dengan cara yang sama pula.
  8. Setelah semua selesai, tutup VST Connections dan buatlah audio track.
Setelah selesai mengkoneksikan instrumen analog pada soundcard AD/DA dengan setup input dan output busses, langkah selanjutnya adalah membuat audio track di dalam project nuendo. Adapun cara untuk merekam signal audio pada audio track akan kita bahas di Edisi berikutnya, so … Have Fun With Your Home Recording!!

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © khairzhie - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -