Posted by : Unknown Sunday 23 November 2014

Sebenarnya cara mengatasi suara noise pada mic headset atau microfon pada saat adobe audition, cukup simple yang terpenting kita harus tahu apa penyebabnya. Bisa berasal dari mic itu sendiri atau dari media luar, seperti ground speaker atau electronic lainnya. Pada kasus yang ane alami saat memakai headset mic ternyata noise seperti suara ombak bergemuruh dan suara seperti angin, berasal dari ground dari dalam Pc. Karena yang ane gunakan adalah mic dari headset ke mic di soundcard onboard bawaan pc yaitu Realtek Hd audio. Yang pertama ane lakukan untuk mengatasi noise tersebut adalah:



Cek ke control panel - hardware and sound - manage audio device, kemudian ke Tab recording. Pilih item microfon kemudian klik properties (double klik). Di Tab enhancement. Pada list, cek option : Noise suppression dan acoustic echo cancellation. Lihat gambar di bawah.


Cara ngilangin noise mic


Effek bawaan driver windows dari soundcard onboard "noise suppression dan echo " jika fungsi ini di aktifkan bisa menghilangkan noise. Silahkan tes saja di pc ente atau laptop. Jika cara ini noise tetap ada cara lain mengatasinya yaitu dengan memakai cable yang di tempel di body (casing pc) yang di kupas kulit cablenya di bagian ujung. Kemudian bagian cable pertama lekatkan di body pc dan yang bagian ujung kedua tanam ke dalam bumi.

Cara ini  ane baca di forum. Dan pernah ane coba dan hasilnya memang suara gemuruh seperti ombak hilang (ternyata dari ground pc). Tapi bukan ane tanam ke tanah melainkan ane injak bagian ujung cable yang tidak melekat di pc...haha..Masalahnya jika ane tanam ke bumi akan butuh cable yang panjang, karena kamar ane di lantai 2..entahlah, mungkin pengaruh magnet tubuh manusia yang menyambung ke cable suara noise menjadi hilang. Bingung ya membuatnya ?..Lihat gambar di bawah..



Itu gambar pc ane yang kotor berdebu karena 24 jam hidup terus.hahaha...Sebulan sekali matinya pas di bersihin atau pas ada trouble. Dari gambar di atas ujung cable yang kedua yang ane injak agar noise hilang saat rekam vocal. Hati-hati ! sebaiknya pc ente di beri alas di bawahnya, jangan langsung bersentuhan dengan lantai yang keramik. Karena jika kita pegang body pc dan tidak memakai alas kaki bisa nyetrum. Meskipun kecil tapi membuat kaget.

 Ribet ya..?..Ya beginilah kalau tidak ke studio recording yang hardwarenya sudah ajip..Sayang harus bayar mahal untuk rekaman di studio. Tapi jika punya buget, selain ke studio belilah "mic with preamp phantom power" (masalah noise no problem). Untuk membuang noise pada hasil rekaman bisa menggunakan effect "noise reduction" di setiap software audio editing, seperti di nero wav editor. Ada yang punya cara lain mengatasi noise saat rekaman ? Silahkan comment.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © khairzhie - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -